Berita Utama

PERPUSTAKAAN CAHAYA ILMU TERIMA BANTUAN

Dilihat : 1342 Kali, Updated: Kamis, 27 September 2018
PERPUSTAKAAN CAHAYA ILMU TERIMA BANTUAN

PERPUSTAKAAN DESA “CAHAYA ILMU”

MENDAPAT BANTUAN 1000 BUKU

 

Perpustakaan Desa Karanganyar Kecamatan Patikraja yang diberi nama “Cahaya Ilmu” adalah suatu wadah untuk menambah ilmu , pengetahuan dan ketarampilan khususnya bagi masyarakat Desa Karanganyar. Perpustakaan Cahaya Ilmu telah tergabung dalam Coca Cola Foundation. Sehingga banyak bantuan dan kegiatan ( pelatihan pelatihan yang diikuti dari tinkat kabupaten sampai nasional) yang dibina coca cola.

Perpustakaan Cahaya Ilmu dikelola oleh para Kader di tingkat Desa yang diketuai oleh Wuryaningsih. Beliau juga sebagai pengelola perpustakaan di SD Negeri Danasri Desa Kediri Kecamatan Karanglewas. Dengan modal awal berdirinya Perpustakaan tersebut dengan sumbangan warga mengumpulkan buku-buku bekas dan juga ada beberapa donatur yang menyumbangkan buku. Dan pada tahun 2014 Perpustakaan Cahaya Ilmu mendapatkan bantuan dari Dinas Perpustakaan Propinsi jawa tengah sebanyak 1000 buku dan 2 rak buku. Juga dari Dinas Perpustakaan Kab. Banyumas sering memberikan sumbangan buku-buku. Dan pada tanggal 24 September 2018 menerima kembali bantuan buku sebanyak 1000 buku dan 1 rak buku.

Pada tahun 2017 pernah ada kunjungan dari Cirebon untuk study banding kegiatan. Dalam kunjungan tersebut dari perpustakaan desa juga menampilkan produk unggulan binaan perpustakaan yaitu sambel krosak. Disamping ada kelompok binaan, perpustakaan desa juga mengadakan pelatihan ketrampilan bagi ibu-ibu PKK. Adapun jenis pelatihan yang sudah dilaksanakan antara lain:

-          Membuat taplak dengan sulam pita;

-          Membuat hantaran untuk pernikahan;

-          Membuat makanan ringan;

-          Membuat tas daan boneka dari bahan bekas kaos dan handuk;

-          Membuat pot bunga dari bahan bekas handuk;

-          Membuat bunga tulip dari kain perca dan kain flanel.

Tahun 2018 mendapatkan bantuan sarver untuk internet . dan alhamdulillah untuk tiap tahunnya mendapatkan anggran dari APBDes untuk menunjang kegiatan perpustakaan walaupun masih kecil.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar